Subscribe:

Rabu, 21 November 2012

Rujukan Layanan Kesehatan Bagi Lansia Minim


Headline 

Jakarta - Rujukan kesehatan bagi usia lanjut masih belum sesuai dengan harapan. Pasalnya, saat ini baru 8 rumah sakit umum yang memiliki klinik geriatri.

"Idealnya RS bisa penanganan usia lanjut. Namun memang saat ini belum banyak yang mempunyai klinik geriatri. Kita harapkan nanti masing-masing provinsi mengembangkan," kata Dr Dedi Kuswenda, Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Rabu (20/11)

Menurut Dedi pengembangan klinik geriatri terpadu untuk melayani berbagai masalah kesehatan pada lansia tengah menjadi perhatian Kementerian Kesehatan RI.

Klinik semacam itu ada di semua rumah sakit, bahkan dikatakan baru 8 RS Umum tipe A dan B yang memilikinya, yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSUP Karyadi Semarang, RSUP. Sardjito Yogyakarta, RSUD Moewardi Solo, RSUP Sanglah Denpasar, RSUP Hasan Sadikin Bandung, RSUP Wahidin Makassar, dan RSUD Soetomo Surabaya.

"Di Indonesia, baru ada 8 rumah sakit yang memiliki klinik geriatri, sisanya lebih banyak ke Rumah Sakit (RS) jiwa," jelas Dr Dedi.

Dr Dedi menambahkan, hampir semua RS Jiwa sudah memiliki klinik dengan layanan kesehatan terpadu untuk lansia.

"Sebetulnya bukan cuma di 8 RS itu saja, tapi di hampir semua RS Jiwa sudah ada kegiatan-kegiatan untuk geriatri. Jadi totalnya ada 20-an lebih saya kira," tambahnya.

Secara umum, sambung Dedi, masalah kesehatan yang dihadapi para lansia tidak jauh-jauh dari penyakit degeneratif akibat penurunan fungsi organ.
Diabetes mellitus atau sakit gula, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, katarak serta osteoporosis termasuk beberapa masalah degeneratif yang banyak dikeluhkan para lansia.

Populasi lansia di Indonesia sendiri diproyeksikan makin meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Jika tahun 2010 jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas baru sekitar 18,1 juta, diperkirakan akan meningkat jadi 29,1 juta pada 2020 dan terus melonjak hingga 36 juta pada 2025.

0 komentar:

Posting Komentar

RelmaxTop - the very best site counter. From creators of EasyHits4U