Subscribe:

Senin, 12 November 2012

Menkes, Ormas Dan Pengusaha Tandatangani MOU Pencapaian MDG



KESEHATAN MASYARAKAT : Menkes, Nafsiah Mboi (tengah) berbicang dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia, Yusuf Kalla (kiri) dan Dirut Bank BNI, Gatot M. Suwondo (kanan) ketika menghadiri MoU antara Kemenkes dengan sejumlah pimpinan LSM dan pimpinan dunia usaha di Jakarta, Senin (12/11). MoU tersebut untuk memperkuat penyuluhan HIV/Aids dan layanan kesehatan masyarakat di daerah yang sulit di jangkau serta pulau-pulau terluar.(ant)
Jakarta (Berita) : Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pimpinan empat ormas dan enam mitra dunia usaha mengenai dukungan untuk pencapaian target Millenium Development Goals (MDG) yang di Jakarta, Senin(12/11), bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48.
“Orientasi pembangunan yang awalnya semua ‘bekerja untuk masyarakat’ menjadi ‘bekerja bersama masyarakat’. Penting bagi pemerintah untuk melakukan kemitraan dengan sektor swasta atau dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan komponen lainnya,” ujar Menkes.
Nafsiah mengatakan banyak peranan yang telah dilakukan oleh ormas maupun dunia usaha namun masih perlu ditingkatkan antara lain dalam program Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif yang menekankan kepada upaya terbentuknya masyarakat desa dan kelurahan yang tanggap terhadap permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri.
“Pengembangan desa siaga aktif ini akan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan termasuk upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, maupun peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di berbagai tatanan di masyarakat seperti rumah tangga, sekolah, institusi kesehatan, tempat kerja dan tempat umum,” ujar Menkes.
Empat ormas yang menandatangani MoU tersebut adalah Dewan Masjid Indonesia (DMI), Yayasan Jaringan Pesantren Nusantara (Jannur), Yayasan Amal Bakti Ibu Indonesia (YABII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).
Sedangkan enam mitra dunia usaha yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Novo Nordisk Indonesia, PT Express Trasindo Utama Tbk, PT Cisarua Mountain Dairy, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia dan PT Johnson and Johnson.
Penandatanganan itu menandakan dukungan dan komitmen ormas dan dunia usaha untuk berperan aktif dalam pembangunan kesehatan khususnya pada pencapaian indikator MDG sementara fokus kegiatan ormas akan meliputi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan tempat ibadah, sekolah dan pesantren dalam berperilaku hidup bersih dan sehat serta Desa Siaga Aktif.
Dunia usaha menyatakan dukungannya di ruang lingkup kegiatan peningkatan kesehatan ibu, penurunan kematian anak, peningkatan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit HIV dan AIDS, penyehatan lingkungan dan pengendalian penyakit tidak menular.

0 komentar:

Posting Komentar

RelmaxTop - the very best site counter. From creators of EasyHits4U