Subscribe:

Minggu, 18 November 2012

Puskesmas Soreang Buka Posko Kesehatan di CPI


SATIRA YUDATAMA/"PRLM"OREANG, (PRLM).- Puskesmas Soreang membuka posko kesehatan di kompleks Cingcin Permata Indah RW 11 Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Hari pertama pascabanjir, para korban relatif aman dari serangan penyakit akibat banjir, seperti penyakit kulit dan diare.


"Sudah beberapa korban yang mengeluhkan kesehatannya. Kebanyakan mereka mengalami luka saat menyelamtkan diri menghindari banjir," tutur Kepala Puskesmas Soreang, dr. Enda Nurlinda saat dijumpai di lokasi posko, Senin (19/11/12).
Dia menjelaskan, sejumlah korban mengalami luka sayatan karena bergesekan dengan material rumah. Bahkan, salah seorang diantaranya sampai mengalami patah tulang di bagian kaki.
Mengenai korban patah tulang, Enda menuturkan, pihak keluarga bersangkutan lebih memilih untuk merawat sendiri. Padahal, ujarnya, Puskesmas Soreang telah menyiapkan unit mobil ambulans.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk menanggulangi kesehatan para korban banjir, pihaknya telah menyiapkan berbagai macam obat. Selain itu, Puskesmas Soreang pun menyediakan kaporit untuk disebarkan ke setiap penampungan air milik warga, supaya meminimalisasi jumlah korban diare.
"Kami akan membuka posko kesehatan hingga kondisi lapangan dinilai aman. Bukan hanya bersiaga di posko, kami pun akan mengontrol kesehatan para korban dengan cara berkeliling rumah masing-masing korban," ucapnya.
Dia mengungkapkan, dalam menanggulangi kesehatan korban banjir CPI, Puskesmas daerah lainnya turur berpartisipasi. Diantaranya yaitu, Puskesmas Sangkanhurip dan Katapang

0 komentar:

Posting Komentar

RelmaxTop - the very best site counter. From creators of EasyHits4U