Subscribe:

Sabtu, 24 November 2012

Rieke Tidak Nyaman Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Bandung - Rieke Diah Pitaloka mengaku tidak nyaman saat dirinya menjalani trans vagina pada pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani calon gubernur dan wakil gubernur (cagub/cawagub) Jawa Barat 2013-2018 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin Bandung.

"Pemeriksaan khususnya terkait dengan kodrat saya sebagai seorang perempuan. Ada pemeriksaan papsmear, payudara kanker, sampai ada trans vagina. Saya pikir tidak harus ada trans vagina," kata Rieke, Sabtu (24/11/2012).

Oleh karena itu, ia menyarankan kepada KPU Jawa Barat, agar pemeriksaan trans vagina bagi calon kepala daerah perempuan dipertimbangkan kembali.

"KPU ke depannya pemeriksaan medis seperti ini, apakah karena kami perempuan harus ada barang-barang yang masuk ke dalam tubuh kami. Nah, ini juga mohon dipertimbangan. Jujur secara pribadi saya merasa tidak nyaman," kata pemeran sosok Oneng, dalam sinetron "Bajaj Bajuri" itu.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Cagub/Cawagub Jabar, dr Erwan Emartanto, membenarkan bahwa setiap calon kepala daerah perempuan harus melalui pemeriksaan trans vagina tersebut.

"Ya, benar harus menjalani tes itu. Itu sudah sesuai prosedur yang ada di buku juklak juknis dari KPU," katanya.

Ia menuturkan, saat menjalani trans vagina, sebuah benda asing dimasukkan ke dalam bagian vital perempuan. "Trans vagina dilakukan mengetahui kondisi kesehatan organ vital calon kepala daerah perempuan," katanya menambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar

RelmaxTop - the very best site counter. From creators of EasyHits4U